Saturday, November 19, 2016

1:42 PM - No comments

Bekerja Untuk Keabadian












Suatu saat, dunia akan mengenalmu lewat tulisan.

Ada sebuah kutipan dari Imam Al-Ghazali. "Jika kau bukan anak raja, juga bukan anak ulama besar, maka menulislah." Dari kata-kata itu dapat kita lihat begitu pentingnya arti tulisan. Karena jika kita sudah tidak ada lagi di dunia, raga kita sudah tak dapat lagi dijumpa, akan ada tulisan yang masih selalu terkenang, dengan nama kita yang tetap terpatri abadi di setiap akhir baitnya.

Menulis itu bukan tentang siapa yang pandai atau siapa yang paling banyak ilmunya, paling banyak pengalamannya. Bukan. Menulis itu hanya tentang keinginan. Keinginan untuk berbagi, keinginan untuk menjadi seseorang yang bermanfaat, atau bahkan keinginan untuk mengubah dunia.

Mengapa bisa dikatakan mengubah dunia? Karena boleh jadi, suatu saat kita yang bukan siapa-siapa ini tidak hanya dikenal dunia lewat tulisan, namun juga bisa mengubah dunia hanya lewat tulisannya.

“Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.”

―Pramoedya Ananta Toer

0 comments:

Post a Comment